Merawat Bayi Baru Lahir

Perawatan Hidung
Penting untuk merawat hidung bayi agar tetap bersih, karena bayi akan menangis dan sulit bernafat ketika hidungnya tersumbat. Hindari memasukkan gumpalan kapas ke dalam hidungnya. bersihkan hidung bayi Anda secara perlahan dengan menggunakan catton bud yang telah dibasahi air.

Perawatan Mata dan Telinga
Mata dan telinga harus selalu dibersihkan setiap sehabis mandi. Jangan membiasakan menggunakan minyak saat membersihkan telinga bayi, karena hal itu dapat menambah kotoran pada telinga. Saat anda membersihkan matanya, usapkan gumpalan kapas atau handuk dari ujung mata dekat hidung ke arah luar. 

Perawatan Kuku
Jagalah agar kuku bayi Anda tetap pendek atau bila diraba pada bagian atas kuku tidak terasa tajam. potonglah kuku bayi anda setiap 3 - 4 hari sekali. kuku yang pendek dapat menghindari bayi terluka akibat cakaran dari kuku yang tajam.

Kapan Membawa Bayi Ke Luar Rumah?
Anda harus membawa bayi anda keluar setiap satu atau dua jam sehari jika udara bagus saat ia berusia satu minggu. gunakan baju secukupnya, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Bayi harus mendapatkan sinar matahari, tetapi hidari kilauan sinar matahari langsung ke matanya.

Perawatan Kulit Bayi
Bayi anda perlu mandi setiap hari, bila hari panas mungkin perlu mandi lagi pada sore harinya. setelah mandi anda jangan menggosok kulit bayi dengan handuk, tapi lakukan dengan cara menekan secara lembut. Jangan biarkan bayi terlalu lama denga celana basah terkena buar air kecil bahkan walaupun menggunakan popok. cepat bersihkan dan ganti dengan yang bersih dan kering.
 
http://balitakusayang.blogspot.com. Powered by Blogger.