Tips Merawat Bayi Sehari-hari

Merawat Tali Pusat Bayi
Setelah lahir, biasanya tali pusat belum lepas. Dan, waktu lepasnya bisa bervariasi, sekitar 5-21 hari. Makanya, tali pusat perlu dirawat 2 kali sehari. Caranya?

  • Telentangkan si kecil. Bersihkan sisi-sisi tepi tali pusat dengan bola kapas yang sudah dicelup dalam air dingin (yang matang ya). Boleh juga, gunakan kapas bertangkai yang dibubuhi alkohol 70%.
  • Ganti bola kapas atau kapas bertangkai setiap Anda membasuh daerah lain.
  • Keringkan dengan handuk yang lembut.
  • Rendam kain kasa steril ke dalam alkohol 70% dan gunakan sebagai penutup tali pusat. Lilitkan kain kasa pada tali pusat, lipat ke arah atas, serta tempelkan dengan plester khusus.

Memandikan si Kecil
Acara mandi seringkali bikin heboh. Makanya, siapkan segala sesuatunya lebih dulu. Apa saja? Piranti mandi, seperti handuk, sabun, dan sampo bayi, ditaruh di dekat bak mandi si kecil.Lalu, tuang air dingin ke dalam bak mandi, baru kemudian air panas. Dengan begitu, dasar bak mandi tidak panas. Idealnya, suhu air mandi bayi sampai usia 2 bulan adalah 40°C. Setelah usia itu, boleh kok diturunkan sampai 27°C. Ukur suhu air dengan termometer khusus atau siku Anda. Setelah itu, barulah acara mandi bisa dimulai.

Inilah tahap aman untuk melakukannya:

  • Siram tubuh si kecil dengan air, lalu cucilah rambutnya. Sabuni seluruh tubuh si kecil dengan sabun bayi, termasuk lipatan-lipatan di kaki, tangan, paha, dan leher. Seluruh kegiatan ini dilakukan di atas baby tafel.
  • Angkat si kecil dengan cara selipkan tangan kiri Anda di bawah tengkuknya, lalu pegang erat-erat ketiaknya. Nah, tangan kanan Anda bisa memegang tubuhnya.
  • Masukkan bayi ke bak mandinya. Sangga kepala dan ketiaknya dengan tangan kiri Anda, sementara tangan kanan membersihkan sabun di seluruh tubuh.
  • Untuk membersihkan punggungnya, balikkan tubuh bayi dengan cara sangga tubuhnya dan pegang erat ketiaknya dengan tangan kiri Anda. Nah, tangan kanan Anda bisa mulai bersih-bersih deh.
  • Angkat si kecil dari air, lalu bungkus dengan handuk. - Keringkan tubuhnya dengan cara menekan-nekan handuk
Mencuci rambut Bayi
Mencuci rambut bayi yang masih kecil sebenarnya lebih gampang. Selain belum banyak bergerak-gerak, rambutnya juga sedikit. Jangan panik melihat ubun-ubun si kecil yang belum rapat ya. Kulit yang melindungi ubun-ubun cukup kokoh kok. Nah, cuci rambut bayi Anda dengan sampo bayi. Pegang kepalanya erat-erat dan jaga jangan sampai sampo masuk ke dalam matanya. Meski sampo bayi terbuat dari ramuan khusus sehingga lembut dan tidak membuat mata pedih, bisa jadi ia kaget begitu kemasukan sampo. Tangis pun membahana.

Membersihkan mata, hidung dan telinga Bayi
Pada intinya, acara bersih-bersih ini perlu dilakukan 2 kali sehari. Dan, Anda perlu mencuci bersih tangan lebih dulu agar kuman-kuman tidak masuk ke organ-organ tersebut.

Berikut cara membersihkannya:

Mata
Bersihkan mata dari arah dalam ke luar dengan bola kapas yang sudah dicelup dalam air hangat.
Ganti kapas setiap kali membersihkan mata, agar tidak terjadi perpindahan kuman.- Gunakan tisu untuk mengeringkan mata.

Hidung
Untuk membersihkan cuping hidung, gunakan kapas bertangkai yang juga sudah dicelup dalam air hangat. Jangan dalam-dalam dan terlalu hot ya. Cuping hidung si kecil bisa terluka nantinya.
Ganti kapas bertangkai untuk cuping hidung lainnya.

Telinga
Bersihkan daun telinga saja. Lubang telinga sebaiknya tidak diutak-atik, karena takut Anda malah melukainya. Daun telinga (bagian depan dan belakangnya) dibersihkan dengan kapas bertangkai yang diolesi baby oil. Ganti kapas bertangkai baru untuk daun telinga lainnya.- Keringkan telinga bayi Anda dengan handuk lembut.

Perawatan Genital Bayi
Cukup dibersihkan dengan air biasa. Jika menggunakan sabun jangan sampai sabun itu masuk ke dalam alat genital. Setelah diberi sabun, bersihkan dengan air hingga sabunnya benar-benar tak tersisa. Tidak perlu diberi bedak karena justru akan membahayakan.

Memotong kuku Bayi
Anda perlu ekstra hati-hati, karena si kecil biasanya enggak betah kalau dipotong kukunya. Padahal, kuku bayi cepat banget tumbuhnya. Tahapan memotong kuku si kecil sebagai berikut:
  • Biar kukunya agak lunak, potong seusai mandi. 
  • Tekan jari yang akan dipotong kukunya dengan ibu jari dan telunjuk kiri Anda, sementara tangan kanan Anda mulai mengguntingnya. 
  • Pilih alat pemotong kuku yang ujungnya bulat, dan disterilkan dulu ya dengan alkohol 70%.
  • Gunting bagian kuku yang putih. Jangan lupa, sisakan sedikit bagian tersebut.
  • Bersihkan kotoran dalam kuku dengan kapas yang dicelup air matang.
Menghilangkan kerak topi pada Bayi
Banyak dialami bayi usia 3 minggu sampai 3 bulan, namun akan hilang setelah usia 6-7 bulan. Biasanya, kerak topi muncul di sekitar dahi, berwarna kekuningan, dan berminyak. Bila terkelupas, mirip-mirip ketombe deh. Bersihkan beberapa kali dalam seminggu. Caranya?


  • Kulit berkerak diolesi baby oil. Agar lunak, biarkan selama 15 menit.
  • Sisirlah rambut si kecil agar kerak ikut-ikutan terkelupas.
  • Cuci bersih rambutnya biar tidak ada kerak yang tertinggal.
Menjemur bayi
Kegiatan ini sangat sehat bagi si kecil, sebab kebutuhan tubuhnya akan vitamin D akan terpenuhi. Bukankah sinar matahari adalah sumber vitamin D yang paling oke? Bahkan, sinar matahari bisa pula menurunkan kadar bilirubin (pigmen berwarna kuning) dalam darah bayi kuning. Tentu saja, Anda tidak bisa sembarangan menjemur bayi Anda. Ini aturan mainnya:

  • Lakukan secara bertahap dan jangan lama-lama. Maksimal 5-15 menit saja.
  • Lakukan antara pukul 07.00-08.30. Mumpung belum terlalu panas.
  • Kenakan baju yang menyerap keringat, seperti bahan katun.
  • Jangan oleskan krim apapun untuk melindungi kulitnya. Bisa-bisa malah jadi iritasi
 
http://balitakusayang.blogspot.com. Powered by Blogger.