Merawat Tali Pusat Bayi

Ibu yang baru pertama mempunyai anak, kerap bingung bagaimana merawat tali pusat bayinya. Ada perasaan takut salah saat ingin membersihkan dan mengganti kain kasa penutup tali pusat. Akhirnya tali pusat  itu pun dibiarkan saja tanpaa adanya perawatan. Padahal jika tidak dirawat secara benar dan rutin dapat menyebabkan infeksi. Bayipun akhirnya menjadi demam dan rewel.
Sebenarnya merawat tali pusat sangat mudah. intinya membersihkan daerah yang berada disekitar tali pusat dan mengganti kain kasa pembungkusnya. Pelu diketahui bahwasanya tali pusat akan putus
dengan sendirinya. biasanya sekitar 1 sampai 2 minggu, bahkan ada yang hanya membutuhkan waktu 5 hari. ini dapat berbeda pada setiap bayi.

Berikut perawatan tali pusat bayi:

  • Usai dimandikan bukalah dengan hati-hati pembungkus tali pusat. Lalu bersihkan secara perlahan daerah sekitar tali pusat dengan cutton bud yang telah dibasahi alkohol. 
  • Bukalah kain kasa berakohol (dapat dibeli di apotik) lalu lipat tiga. Agar lebarnya sama dengan panjang tali pusat.
  • Selipkan kain kasa yang telah dilipat di bawah tali pusat, Lalu lilitkan mengelilingai tali pusatnya hingga semua bahagian tertutup rapi tapi jangan terlalu ketat. Ikat kain kasa dengan ikatan yang tidak terlalu kencang. 
  • Lipat kain kasa yang telah tertutup kain kasa ke arah atas. palaterkan dengan plaster khusus bayi pada perut. Bisa juga langsung di tutup dengan gurita bayi.
 
http://balitakusayang.blogspot.com. Powered by Blogger.