Perawatan Gigi Pada Anak

Gigi yang sehat sangat penting bagi kesehatan anak secara keseluruhan. Gigi akan membantu si kecil mengunyah makanan, membentuk bunyi dan suara ketika berbicara, juga memengaruhi bentuk rahang mulut. Gigi bayi mulai terlihat pada usia yang berbeda-beda dan kadang memerlukan waktu yang agak lama sebelum mulai terlihat. kebanyakan anak usia satu tahun sudah memiliki empat gigi dan pada usia tiga tahun telah memiliki 20 gigi susu. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter gigi anak jika setelah mencapai usia 12 bulan sikecil belum sama sekali memiliki gigi.

Perawatan gigi pada anak dimulai sedini mungkin sejak masih bayi, bahkan sebelum gigi pertamanya tumbuh. walaupun akan digantikan dengan gigi tetap, gigi susu tetap penting untuk perkembangan bayi karena gigi susu memungkinkan anak mengunyah makanan dengan baik, serta mempermanis senyum anak. Selain itu, gigi-gigi susu ini juga penanda tempat untuk gigi tetap yang akan menggantikannya. 

Sebelum anak bisa melakukanya sendiri, dudukkan dia dipangkuan Anda lalu ajari dia untuk membersihkan giginya. caranya cukup dengan mengajarkannya menyikat gigi dan berikan air matang untuk belajar berkumur. Bila anak sudah dapat berkumur, gunakan sikat gigi kecil khusus untuk anak dengan sikat yang halus dan berikan pasta gigi hanya sebesar biji polong. Anda dapat memberikan sikat gigi yang lucu yang dipilihnya sendiri. dengan latihan yang teratur setiap hari, anak Anda akan dapat menggosok giginya sendiri dengan baik saat usia tiga-empat tahun.
 
http://balitakusayang.blogspot.com. Powered by Blogger.