Menciptakan Rutinitas Tidur Yang baik Bagi anak

Tidur sangat penting bagi anak. bila mempunyai rutinitas tidur yang baik, anak akan tidur dengan tenang dan orang tua dapat beristirahat dengan baik pula sehingga mempunyai cukup energi untuk menyambut hari esok.

Tips menciptakan rutinitas tidur yang baik bagi anak:
  1. Setelah usia satu tahun anak mengetahui malam dan siang namun masih belum dapat mengetahui maknanya sampai berusia tiga tahun. Bantulah dia mmbedakan atau mengenali waktu antara siang dan malam, melalui rutinitas yang biasa dilakukan. Siang hari adalah waktu untuk beraktivitas, makan, menonton televisi, bermain, dan lain-lain. Sementara malam adalah waktu untuk istirahat tidur.
  2. Berusahalah menidurkan anak pada jam yang kurang lebih sama setiap malam. hal ini akan menciptakan kebiasaan tidur yang baik baginya.
  3. Ciptakan pola yang akan dikenali anak Anda sebagai kebiasaan sebelum tidur. Biasanya mulailah dengan memandikannya atau menggantikan anak dengan baju tidurnya, menggosok gigi, membacakan cerita, memanjakannya, dan memberikan pelukan serta ciuman selamat malam.
  4. ciptakan ruangan yang cukup hangat dan tenang dikamar tidurnya. Jangan biasakan anak tidur setiap malam di ruangan tamu, dengan televisi, dan ditemani banyak orang.
  5. Pastikan nyala lampu hanya sedikit dan redup. Anda dapat menggunakan lampu tidur
  6. Berikan mainan kesayangannya jika ada.
  7. Pastika setia kebiasaan yang telah dilakukan dilaksanakan dengan kesabaran dan konsisten.
 
http://balitakusayang.blogspot.com. Powered by Blogger.