Kapan Bayi Anda Mulai Diberikan Asi?

Para ahli mengatakan bahwa waktu yang paling tepat saat memberikan ASI adalah sesegera mungkin setelah melahirkan. Kolostrum adalah ASI yang diproduksi pada beberapa hari pertama setelah persalinan. Kolostrum kaya akan Antibody dan Nutrisi yang dapat melindungi bayi dari infeksi. Semakin cepat bayi diberikan ASI setelah bersalin makan akan semakin baik bagi perkembangan bayi Anda. Anda dapat memperhatikan bentuk kolostrum pada puting seperti cairan bening bewarna kekuningan.

Bila setelah melahirkan Anda siap menyusui bayi anda, segerahlah minta bantuan perawat untuk meletakkan bayi Anda dekat dengan payudara. jangan takut jika pada awalnya si bayi tidak mau menyusui atau tidak tertarik mendekati payudara Anda, karena kebanyakan bayi memerlukan banyak waktu untuk membiasakan diri. dan bagi ibu yang memiliki puting payu dara yang tampak rata, tetap arahkan saja pada puting Anda tersebut, hal ini dapat merangsang munculnya puting oleh si bayi, sehingga nantinya puting Anda pun akan keluar.

Perhatian: Bagaimanapun bentuk puting payudara Anda, anak akan tetap dapat menghisap Asi yang Anda berikan. Kalau anak merasa kesulitan diakibatkan terlalu ratanya puting Anda biasanya perawat dapat melakukan treatmen tertentu sehingga puting dapat muncul. Jadi tetaplah penuh semangat dan konsisten memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda.
 
http://balitakusayang.blogspot.com. Powered by Blogger.